Evaluasi Akhir Semester PBKK 2022
Untuk perkuliahan minggu 16 ini dilaksanakan Evaluasi Akhir Semester yang mana kami diminta untuk mengerjakan 4 soal yakni.
- Buatlah konsep dan deskripsi aplikasi yang mendata gedung yang bisa digunakan untuk acara/ event dan memberikan penawaran kepada Event Organizer.
- Implementasikan dengan menggunakan Framework sistem informasinya. Framework yang digunakan bisa NET, CI, Laravel, atau Google Apps.
- Hostingkan sistem informasinya, kemudian buat video demo dan presentasi kemudian upload di Youtube.
- Buat laporan di blog beserta link hosting, dan juga embedded videonya.
Berikut hasil pengerjaannya
1. Buatlah konsep dan deskripsi aplikasi yang mendata gedung yang bisa digunakan untuk acara/ event dan memberikan penawaran kepada Event Organizer.
Konsep dan deskripsi aplikasi yang ingin saya buat berdasarkan permasalahan yang telah diberikan yakni aplikasi manajemen sewa gedung, di mana untuk kelengkapan fitur yang dimiliki pada aplikasi ini meliputi pencarian gedung dengan menyesuaikan kriteria yang dibutuhkan, rekomendasi gedung melalui jarak dari suatu titik yang ditentukan, penambahan informasi gedung baru yang dapat disewa, dan sistem penyewaan gedung yang akan dihubungkan langsung dengan penyedia gedung sehingga meminimalisir terjadinya double booking,
Aplikasi ini memiliki 3 user, yakni Admin, User Penyedia Gedung, dan User Penyewa Gedung. Masing-masing dari user ini memiliki tujuan dan fitur yang berbeda.
Admin merupakan anggota dari tim di balik aplikasi ini, di mana admin memiliki tugas utama yakni melakukan verifikasi terhadap penambahan informasi gedung baru yang dapat disewa, verifikasi transaksi penyewaan gedung, dan verifikasi akun user baik penyedia maupun penyewa.
User Penyedia Gedung (penyedia) dapat menambahkan gedung baru yang dapat disewakan kepada User Penyewa Gedung (penyewa), di mana dalam penambahan gedung baru terdapat informasi detail yang perlu dimasukkan untuk mencegah pemalsuan ataupun penyewaan gedung yang illegal. User ini juga digunakan sebagai hubungan langsung antara penyewa dengan pihak penyedia gedung tersebut, di mana user penyewa dapat melakukan chat dengan penyedia secara langsung, dan apabila terdapat transaksi penyewaan gedung, penyedia akan mendapatkan informasi tersebut secara langsung dan sistem akan mem-block jadwal yang telah dibooking tersebut. Penyedia juga dapat mengupdate informasi terkait gedung yang disewakan, namun diperlukan verifikasi dari Admin agar perubahan dapat ditayangkan.
User Penyewa Gedung (penyewa) dapat melakukan penyewaan suatu gedung yang sudah terverifikasi dan terdata pada aplikasi. User ini juga memiliki fitur peningkatan profile, di mana user biasa dapat merubah profilenya menjadi sebuah perusahaan yakni event organizer. Profile event organizer memiliki keuntungan seperti harga yang lebih terjangkau dan akses pencarian penyewaan gedung yang lebih beragam. Fitur lain yang dapat penyewa gunakan pada aplikasi yakni pencarian gedung sesuai kriteria yang diinginkan, chatting dengan pihak penyedia, melakukan perbandingan antara 2 gedung yang dipilih, menyewa gedung secara langsung, dan reminder atas penyewaan gedung yang telah dipesan pada waktu yang ditentukan.
2. Implementasikan dengan menggunakan Framework sistem informasinya. Framework yang digunakan bisa NET, CI, Laravel, atau Google Apps.
Aplikasi yang kami buat berjudul "CariGedung". CariGedung akan mengakomodasi pemesanan sebuah gedung untuk segala acara, misalnya acara pernikahan, rapat, atau acara lainnya. Akan ada 2 jenis user yang dapat mengakses, yaitu Admin dan Customer / Event Organizer. Admin dapat melakukan manajemen user, manajemen transaksi, manajemen gedung, manajemen acara, manajemen kalender.
Tampilan utama Cari Gedung adalah untuk Login akun. Berikut tampilannya:
Alur login sebagai Admin
Untuk login sebagai admin, silakan memasukkan email dan password admin.
Tampilan Dashboard:
Selanjutnya akan mengarah ke section User Management. Section ini akan memberikan 3 fitur, yaitu fitur Permission, Roles, dan Users. Tampilan User Management (Permission):
Tampilan User Management (Roles):
Tampilan User Management (Users):
Selanjutnya ke section Transactions. Tampilan Transactions:
Setelah itu section Buildings. Tampilan Buildigs:
Setelah section Buildings, tersedia section Events. Tampilan Events:
Selanjutnya, Admin juga dapat melakukan manajemen kalender di section Calendar. Tampilan Calendar:
Dan yang terakhir di bagian Admin adalah fitur Search Building dengan tampilan sebagai berikut:
Alur login sebagai Customer / Event Organizer
Untuk login sebagai customer / event organizer, silakan memasukkan email dan password customer / event organizer. Pada section pertama yakni terdapat My Credits sebagai berikut:
Selanjutnya, hampir sama seperti menu pada Admin yaitu Calendar dan Search Building. Berikut tampilannya:
3. Hostingkan sistem informasinya, kemudian buat video demo dan presentasi kemudian upload di Youtube.
Terkait hosting kami mengalami kendala sehingga tidak dapat melaksanakannya. Terkait hal ini kami memohon maaf.
4. Buat laporan di blog beserta link hosting, dan juga embedded videonya.
Berikut Link Github Kelompok kami: Github
Video demo kelompok:
Comments
Post a Comment