Skip to main content

Tugas 2 | Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja (A)

Kalkulator Sederhana Menggunakan Framework .NET

Pada kesempatan kali ini saya telah membuat kalkulator sederhana menggunakan framework .NET. Fitur yang dimiliki kalkulator ini sangatlah sederhana yakni menjumlah, mengurangi, membagi, dan mengalikan angka yang dimasukkan melalui menekan tombol yang ada. Berikut merupakan tampilan dari aplikasi kalkulator sederhana yang telah saya buat.

Source Code

File project dari aplikasi ini dapat diakses pada laman github yang saya miliki richodainino/simple-calculator (github.com). Adapula source code dari aplikasi kalkulator sederhana yang saya buat ini adalah sebagai berikut.

using System;
using System.Collections.Generic;
using System.ComponentModel;
using System.Data;
using System.Drawing;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Threading.Tasks;
using System.Windows.Forms;
namespace simple_calculator
{
public partial class Form1 : Form
{
string first = "";
string second = "";
char function;
double result = 0.0;
string userInput = "";
bool firstInput = true;
public Form1()
{
InitializeComponent();
}
private void num1_Click(object sender, EventArgs e)
{
calculatorDisplay.Text = "";
userInput += "1";
calculatorDisplay.Text += userInput;
}
private void num2_Click(object sender, EventArgs e)
{
calculatorDisplay.Text = "";
userInput += "2";
calculatorDisplay.Text += userInput;
}
private void num3_Click(object sender, EventArgs e)
{
calculatorDisplay.Text = "";
userInput += "3";
calculatorDisplay.Text += userInput;
}
private void num4_Click(object sender, EventArgs e)
{
calculatorDisplay.Text = "";
userInput += "4";
calculatorDisplay.Text += userInput;
}
private void num5_Click(object sender, EventArgs e)
{
calculatorDisplay.Text = "";
userInput += "5";
calculatorDisplay.Text += userInput;
}
private void num6_Click(object sender, EventArgs e)
{
calculatorDisplay.Text = "";
userInput += "6";
calculatorDisplay.Text += userInput;
}
private void num7_Click(object sender, EventArgs e)
{
calculatorDisplay.Text = "";
userInput += "7";
calculatorDisplay.Text += userInput;
}
private void num8_Click(object sender, EventArgs e)
{
calculatorDisplay.Text = "";
userInput += "8";
calculatorDisplay.Text += userInput;
}
private void num9_Click(object sender, EventArgs e)
{
calculatorDisplay.Text = "";
userInput += "9";
calculatorDisplay.Text += userInput;
}
private void num0_Click(object sender, EventArgs e)
{
calculatorDisplay.Text = "";
userInput += "0";
calculatorDisplay.Text += userInput;
}
private void clearButton_Click(object sender, EventArgs e)
{
first = "";
second = "";
userInput = "";
result = 0.0;
calculatorDisplay.Text = "0";
firstInput = true;
}
private void divideButton_Click(object sender, EventArgs e)
{
function = '/';
if (firstInput)
{
first = userInput;
firstInput = false;
}
else
{
first = result.ToString();
}
userInput = "";
}
private void multiplyButton_Click(object sender, EventArgs e)
{
function = '*';
if (firstInput)
{
first = userInput;
firstInput = false;
}
else
{
first = result.ToString();
}
userInput = "";
}
private void plusButton_Click(object sender, EventArgs e)
{
function = '+';
if (firstInput)
{
first = userInput;
firstInput = false;
}
else
{
first = result.ToString();
}
userInput = "";
}
private void minusButton_Click(object sender, EventArgs e)
{
function = '-';
if (firstInput)
{
first = userInput;
firstInput = false;
}
else
{
first = result.ToString();
}
userInput = "";
}
private void equalButton_Click(object sender, EventArgs e)
{
if (firstInput)
{
result = userInput == "" ? 0.0 : Convert.ToDouble(userInput);
calculatorDisplay.Text = result.ToString();
return;
}
double firstNum, secondNum;
second = userInput;
firstNum = first != "" ? Convert.ToDouble(first) : result;
secondNum = Convert.ToDouble(second);
// Plus
if (function == '+')
{
result = firstNum + secondNum;
calculatorDisplay.Text = result.ToString();
}
// Minus
else if (function == '-')
{
result = firstNum - secondNum;
calculatorDisplay.Text = result.ToString();
}
// Divide
else if (function == '/')
{
if (secondNum == 0.0)
{
calculatorDisplay.Text = "You can't";
}
else
{
result = firstNum / secondNum;
calculatorDisplay.Text = result.ToString();
}
}
// Multiply
else if (function == '*')
{
result = firstNum * secondNum;
calculatorDisplay.Text = result.ToString();
}
}
private void decimalButton_Click(object sender, EventArgs e)
{
calculatorDisplay.Text += ".";
}
}
}
view raw Form1.cs hosted with ❤ by GitHub

Comments

Popular posts from this blog

PPB B: ETS

ETS Nama : Made Rianja Richo Dainino NRP : 5025201236 Kelas : PPB B Tahun : 2024 Jawaban dalam file Google Docs Apa keuntungan menggunakan platform mobile dibandingkan dengan web atau desktop untuk membangun aplikasi? Jawab: Keuntungannya yakni: Kemudahan Akses Aplikasi mobile dapat diakses kapan saja dan di mana saja oleh pengguna, selama mereka memiliki perangkat mobile dan jika diperlukan, koneksi internet. Pengguna tidak perlu duduk membuka laptop ataupun memasukkan URL web yang ingin diakses, hanya cukup membuka aplikasi dengan sekali klik. Fitur Perangkat Aplikasi mobile dapat memanfaatkan fitur bawaan perangkat seperti kamera, GPS, sensor gerak, dan lainnya. Ini memungkinkan pengembang untuk menciptakan pengalaman yang lebih kaya dan interaktif bagi pengguna. Notifikasi Aplikasi mobile dapat mengirim notifikasi ke perangkat pengguna, yang memungkinkan komunikasi langsung dan real-time dengan pengguna. Fitur ini tidak tersedia dalam aplikasi web maupun desktop. Personalisasi Apli...

PPB B: EAS

PPB B: EAS 1 EAS Nama : Made Rianja Richo Dainino NRP : 5025201236 Kelas : PPB B Tahun : 2024 Jawaban dalam file Google Docs Buatlah use case dan user flow dari aplikasi iSaku!   Jawab: Deskripsikan fitur aplikasi yang akan dibuat! Jawab: Gambarkan UI yang akan diimplementasikan! Jawab: Prototype Figma Implementasikan rancangan aplikasi! Jawab: Buat Presentasi dan demo implementasi upload di Youtube, dan isi lembar monitoring !  Jawab:

PPB B: Tugas 1 - Rencana Aplikasi

Tugas 1 - Rencana Aplikasi Nama : Made Rianja Richo Dainino NRP : 5025201236 Kelas : PPB B Tahun : 2024 Rencana Aplikasi Teka  merupakan sebuah aplikasi yang dirancang untuk memudahkan pengguna dalam merencanakan liburan ke Bali. Diambil dari bahasa Bali, Teka  memiliki arti datang, yang menggambarkan ajakan untuk datang berlibur ke Bali. Deskripsi Fitur Aplikasi Teka  menawarkan beberapa fitur yang memungkinkan pengguna untuk mempersiapkan liburan mereka dengan mudah. Adapula fitur yang dapat digunakan antara lain: Melihat penerbangan, penginapan, tempat makan, dan objek wisata yang tersedia berdasarkan kriteria yang ditentukan. Mendapatkan informasi penyewaan kendaraan di sekitar lokasi yang diinginkan. Mencari referensi melalui panduan wisata. Desain Aplikasi